MONITORING DAN EVALUASI

Pengertian

  • Monitoring adalah proses pengumpulan dan analisis informasi (berdasarkan indikator yg ditetapkan) secara sistematis dan kontinu tentang kegiatan program/program sehingga dapat dilakukan tindakan koreksi untuk penyempurnaan program/program itu selanjutnya.
  • Evaluasi adalah proses penilaian pencapaian tujuan dan pengungkapan masalah kinerja program/program untuk memberikan umpan balik bagi peningkatan kualitas kinerja program/program.

Pertanyaan kunci monitoring

  1. Masalah—masalah apa yang timbul ?
  2. Apakah program berjalan sesuai jadwal ?
  3. Apakah program menghasilkan Output yang direncanakan ?
  4. Apakah anggarannya sesuai dengan rencana ?
  5. Apakah strateginya berjalan sesuai dengan rencana?
  6. Apakah kelompok sasaran (target group) terlibat dalam aktivitas program  ?

Tujuan Monitoring

  1. mengkaji apakah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan rencana
  2. mengidentifikasi masalah yang timbul agar langsung dapat diatasi
  3. melakukan penilaian apakah pola kerja dan manajemen yang digunakan sudah tepat untuk mencapai tujuan program.
  4. mengetahui kaitan antara kegiatan dengan tujuan untuk memperoleh ukuran kemajuan,
  5. menyesuaikan kegiatan dengan lingkungan yang berubah, tanpa menyimpang dari tujuan.

Manfaat monitoring

Bagi pihak Penanggung Jawab Program :

  1. Salah satu fungsi manajemen yaitu pengendalian atau supervisi.
  2. Sebagai bentuk pertanggungjawaban (akuntabilitas) kinerja
  3. Untuk meyakinkan pihak-pihak yang berkepentingan
  4. Membantu penentuan langkah-langkah yang berkaitan dengan kegiatan program selanjutnya.
  5. Sebagai dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi selanjutnya.

Bagi pihak Pengelola Program, yaitu :

  1. Membantu untuk mempersiapkan laporan dalam waktu yang singkat
  2. Mengetahui kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki dan menjaga kinerja yang sudah baik.
  3. Sebagai dasar (informasi) yang penting untuk melakukan evaluasi program.

Tipe dan Jenis Monitoring

Aspek masukan (input) program antara lain mencakup : tenaga manusia, dana, bahan, peralatan, jam kerja, data, kebijakan, manajemen dsb. yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan program.

Aspek proses / aktivitas yaitu aspek dari program yang mencerminkan suatu proses kegiatan, seperti penelitian, pelatihan, proses produksi, pemberian bantuan dsb.

Aspek keluaran (output), yaitu aspek program yang mencakup hasil dari proses yang terutama berkaitan dengan kuantitas (jumlah)

Pentingnya Evaluasi

  • memperlihatkan keberhasilan atau kegagalan program
  • menunjukkan di mana dan bagaimana perlu dilakukan perubahan-perubahan
  • menentukan bagaimana kekuatan atau potensi dapat ditingkatkan.
  • memberikan informasi untuk membuat perencanaan dan pengambilan keputusan.
  • membantu untuk dapat melihat konteks dengan lebih luas serta implikasinya terhadap kinerja pembangunan.

Tujuan evaluasi

untuk mendapatkan informasi dan menarik pelajaran dari pengalaman mengenai pengelolaan program, keluaran, manfaat, dan dampak dari program pembangunan yang baru selesai dilaksanakan, maupun yang sudah berfungsi, sebagai umpan balik bagi pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pengendalian program selanjutnya.

Jenis evaluasi

  1. Evaluasi awal kegiatan, yaitu penilaian terhadap kesiapan program atau mendeteksi kelayakan program.
  2. Evaluasi formatif, yaitu penilaian terhadap hasil-hasil yang telah dicapai selama proses kegiatan program dilaksanakan. Waktu pelaksanaan dilaksanakan secara rutin (per bulan, triwulan, semester dan atau tahunan) sesuai dengan kebutuhan informasi hasil penilaian.
  3. Evaluasi sumatif, yaitu penilaian hasil-hasil yang telah dicapai secara keseluruhan dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan. Waktu pelaksanaan pada saat akhir program sesuai dengan jangka waktu program dilaksanakan. Untuk program yang memiliki jangka waktu enam bulan, maka evaluasi sumatif dilaksanakan menjelang akhir bulan keenam. Untuk evaluasi yang menilai dampak program, dapat dilaksanakan setelah program berakhir dan diperhitungkan dampaknya sudah terlihat nyata.

MODEL SISTEM MONEV

Indikator program berbasis masyarakat

1. Goals

Kualitas hidup

Keberdayaan masyarakat (aktualisasi diri dan koaktualisasi eksistensi komunitas)

Kemandirian masyarakat

Ketahanan masyarakat

2. Outcomes

Apresiasi (kesadaran, tanggung jawab & peran aktif)

Pemanfaatan sumber sosial berkelanjutan

Mekanisme penanganan & pencegahan oleh masyarakat

3. Outputs

Pengendalian (bobot dan pertumbuhan) masalah sosial

Peningkatan cakupan pelayanan (coverage rate)

Derajat penggunaan potensi dan sumber masyarakat

Peran aktif masyarakat

Perbandingan evaluasi konvensional dan partisipatif

Aspek

Evaluasi konvensional

Evaluasi partisipatif

Siapa

Ahli dari luar

Anggota masyarakat, staf program, fasilitator

Apa

Indikator keberhasilan, efisiensi biaya dan keluaran hasil/ produk yang telah ditentukan

Masyarakat mengidentifikasi sendiri indikator keberhasilan, termasuk hasil/ produk yang akan dicapai

Bagaimana

Fokus pada “objektivitas ilmiah”, ada jarak antara evaluator dengan partisipan, ada pola seragam, prosedur kompleks, akses terbatas pada hasil

Evaluasi sendiri, metode sederhana yang diadaptasi dengan budaya lokal, terbuka, ada diskusi hasil dengan melibatkan partisipan dalam proses evaluasi

Kapan

Biasanya tergantung jadwal, kadangkala juga ada evaluasi midterm

Tergantung dari proses perkembangan masyarakat dan intensitas relatif sering

Mengapa

Pertanggungjawaban, biasanya sumatif, menentukan biaya selanjutnya

Pembangunan masyarakat lokal untuk inisiasi, mengontrol, melakukan tindakan koreksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: